• BPRPI

  • Fatwa Petua

    Haram Bagi Kami Mengakui Yang Bukan Hak Kami`
    TETAPI` Kalau Itu Hak Kami, Wajib Hukumnya Untuk
    Menuntut Dan Mempertahankanya Walaupun Nyawa Dan Darah Taruhannya.

  • Alamat

    Alamat : Jalan, STM Ujung Suka Eka No.45 A, Kec : Medan Johor, Kota : Medan – Sumatera Utara, Kode Pos : 20146, Tel : 06191692757, Email : tanah_bprpi@yahoo.com, Weblog : bprpi.wordpress.com

  • Arsip

  • Arsip

  • Membongkar Tabir

  • BPRPI

    Kesalahan: Twitter tidak merespons. Tunggulah beberapa menit dan perbarui halaman.

  • link musik

  • Iklan

Etnis Pakpak Sumatera Utara Bentuk AMAN Daerah – Tanoh Pakpak


Etnis Pakpak Bentuk AMAN Daerah Tanoh Pakpak_Ramadan Anshari

AMAN –Tanoh Pakpak Sebagai Media Perjuangan Bagi Masyarakat Adat

Gelora, Pakpak Baharat

Dalam menjawab berbagai tantangan dan persoalan yang selama ini dihadapi oleh masyarakat adat etnis Pakpak di Kabupaten Sumatera utara beberapa utusan masyarakat adat dari 13 komunitas lebuh (ulayat) yakni 3 (tiga) komunitas dari lebuh marga etnis Pakpak Boang (aceh singkil), 3 (tiga) komunitas dari lebuh marga etnis Pakpak Kepas (Dairi/sidikalang), dan 7 (tujuh) komunistas dari etnis Pakpak Sim-sim (Pakpak Bharat), mendeklarasikan Aliansi Masyarakat Adat Nusantara Daerah Tanoh Pakpak –  AMAN Tanoh Pakpak. (Senin 28/11/2011).

Dalam Musda AMAN I Tanoh Pakpak yang diselenggarakan di Dsn Pettal Desa Suka Ramai Kec. Kerajaan Kab. Pakpak Bharat ini juga turut dihadiri ketua BPN- Aceh Singkil Solihin Berutu turut memberikan kata sambutan dan dukungannya, tokoh masyarakat Pakpak sekaligus utusan dari Pemerintahan Kab. Pakpak Bharat dihadiri oleh Nasib Mungkur, Kapolsek Sukaramai, Ketua BPH AMAN-Sumut Harun Noeh, Sekjen BPRPI Alfi Syahrin, ketua BPA SU–Barisan Pemuda Adat Sumatera Utara M. Sahat Nuh, dan beberapa utusan undangan lainnya.

Pada kata sambutannya Ketua BPH AMAN Sumut menegaskan bahwa, Aliansi Masyarakat Adat Nusantara – AMAN sebagai bentuk kelembagaan dari seluruh Masyarakat Adat yang ada di Nusantara merupakan Media atau alat perjuangan kolektif masyarakat adat dalam memperjuangkan hak-haknya yang saat ini terzolimi oleh sistem dan regulasi Negara dan dikesampingkan, perlu sebuah energi yang kuat untuk mendorong pemangku kebijakan (Negara) dalam memberikan pengakuan terhadap hak-hak masyarakat adat, sesuai dengan pengakuan secara Universal dalam Deklarasi PBB tentang Hak-Hak Masyarakat Adat yang meliputi hak secara ekonomi, sosial dan budaya. Ketua BPH AMAN Sumut juga menekankan bahwa perlu pengorbanan cukup berat dalam menjalankan rada Organisasi AMAN, baik pengorbanan tenaga, dana, waktu, bahkan nyawa sekalipun, khususnya pada penanganan kasus – kasus yang menimpa masyarakat adat yang saat ini sedang berlangsung.

Musda AMAN I – Daerah Tanoh Pakpak ini mengambil tema “SIGELEM MO REMPU SIGANTUNG MO PUPUH” yang dalam bahasa indonesia dapat diartikan ”Menghidupkan kembali Hukum Adat  dengan Tegas dan Benar Sesuai Aturan-Aturan Adat leluhur, dalam menata, mengelola, dan menjalankan kehidupan bagi masyarakat adat”

Adapaun hasil keputusan Musda I AMAN Tanoh Pakpak pada pemilihan pengurus untuk masa bakti 2011 – 2016 adalah :

Ketua BPH  (Badan Pengurus Harian) Sanaun Angkat

Dewan Aman Tanoh Pakpak :

Ketua Dewan Adat  Muslim Padang

Wakil Ketua I            : Rajuddin Boang Manalu

Wakil Ketua II           : Godeng A. Bancin

Anggota                    : – Sada Kata Angkat, Abdul Angkat, Alman Angkat, Saman Angkat

Kompleksnya persoalan-persoalan yang dihadapi oleh masyarakat adat etnis Pakpak saat ini AMAN – Daerah Tanoh Pakpak merekomendasikan beberapa agenda penting yang akan diusung kepada Pemerintah khususnya pemerintah Daerah, yang diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. AMAN Tanoh Pakpak Meminta kepada Pemerintah agar mengembalikan dan menghormati Hak hak masyarakat adat khususnya hak atas tata kelola tanah ulayat dan hutan adat.
  2. AMAN Tanoh Pakpak Meminta/Mendesak Pemerintah untuk mencabut/merevisi UU No.41 tentang Kehutanan Kerena tidak mengakomudir Hak-Hak Masyarakat Adat.
  3. AMAN Tanoh Pakpak Mendesak Pememerintah Daerah untuk memberikan perhatian dan pengelibatan dalam hal pembangunan mental dan spritual yang difasilitasi Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata di Tanoh Pakpak.
  4. AMAN Tanoh Pakpak Mendesak Pemerintah Pusat dan Daerah untuk duduk bersama dalam merumuskan terkait keberadaan/izin ekploitasi pertambangan. (Dairi Prima Meneral – DPM, Rio Tinto dll)
  5. Setiap Investor/Pemodal/BUMN/BUMD yang akan menanamkan modalnya di Tanoh Pakpak/ Tanah Ulayat harus berkoordinasi dengan masyarakat adat dan wajib mengadopsi konsep FPIC.
  6. Pemerintah harus Mengedepankan dan Menghormati Hukum adat Pakpak terhadap pengelolaan Hutan, Tanah, Air, dan Sosial Budaya.
  7. AMAN Tanoh Pakpak meminta kepada Pihak BPN Kabupaten/Kota untuk menjalankan MOU BPN Pusat dengan AMAN
  8. Pemerintah Daerah dan Pemerintah Pusat agar Melindungi dan Menghormati Hak-Hak Masyarakat Adat dalam Pengelolaan Sumber Daya Alam (SDA).
  9. AMAN Tanoh Pakpak Mendesak Pemerintah Daerah dan Aparat Keamanan agar tidak melakukan intimidasi dan penangkapan terhadap masyarakat adat dalam mengelola wilayah ulayat/adat-nya.
  10. AMAN Tanoh Pakpak Mendesak Pemerintah Daerah agar membuat PERDA tentang Pengakuan Hak Ulayat Bagi Masyarakat Adat Pakpak.
  11. AMAN Tanoh Pakpak Meminta Pemerintah agar dalam Pembuatan Tata Ruang untuk dapat melibatkan Masyarakat Adat.

”Meski Poin-poin yang menjadi bagian dari Rekomendasi para peserta MUSDA begitu berat dalam mewujudkannya namun ini adalah bentuk dari misi perjuangan, gagal dan berhasilnya perjuangan tergantung dari konstruksi, konsistensi dan komitmen organ-organ pejuang didalam organisasi AMAN ini”ujar Sanaun angkat ketua BPH Tanoh Pakpak terpilih.(tim)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: